Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan langkah awal yang memiliki pengaruh yang sangat penting bagi pekembangan dan pembelajaran anak nantinya dan merupakan masa persiapan bagi anak untuk pembelajaran di tingkat sekolah dasar dan selanjutnya. Oleh karenanya, pengalaman pembelajaran di masa ini harus memberikan sikap positif terhadap pembelajaran terhadap anak.

Ketika belajar, anak-anak belajar secara aktif dan alamiah. Mereka menyukai pembelajaran melalui observasi, eksplorasi, imajinasi, penemuan, penyelidikan, pengumpulan informasi, dan pertukaran pengetahuan. Mereka melakukan pembelajaran dengan berinteraksi dengan teman atau lingkungan sekitarnya dan mengerti akan perasaan dan kebutuhan mereka sendiri serta perasaan yang lain. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, anak-anak harus dibuat nyaman dan percaya diri ketika mereka terlibat dalam pengalaman pembelajaran yang baru yaitu dengan bermain dan pembelajaran yang tersusun baik di lingkungan yang menyenangkan. Jika pembelajaran dibuat nyaman dan menyenangkan, ini akan membantu anak untuk menghadapi pembelajaran seumur hidup dengan sukses karena adanya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan sosial dan pribadi.

Kurikulum dibuat sebagai acuan untuk memberikan pembelajaran yang terarah yang sesuai dengan cara pembelajaran anak di masa pendidikan taman kanak-kanak dan acuan bagi pendidik untuk memberikan pengajaran yang terbaik sehingga dapat menghasilkan anak didik yang bemutu, cerdas, bermartabat baik dan bertaqwa kepada Allah SWT. Prinsip yang diterapkan adalah pendekatan menyeluruh, pembelajaran yang terintegrasi, pandangan bahwa anak-anak sangat aktif, pembelajaran interaktif, pendidik sebagai motivator dan permainan merupakan media pembelajaran.

Tujuan yang ingin dicapai pada akhir pembelajaran di Taman Kanak-Kanak searah dengan yang ingin dicapai di tingkat sekolah dasar. Pendidikan di tingkat ini memiliki beberapa tujuan yaitu :

  1. Meningkatkan dan menghasilkan generasi yang kuat dan cerdas secara jasmani dan rohani berdasarkan potensi yang setiap anak miliki.
  2. Memberikan pengajaran dan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak.
  3. Memberikan stimulasi pendidikan dengan memahami perkembangan dan kebutuhan khusus anak secara optimal.
  4. Mengembangkan seluruh potensi anak secara optimal.
  5. Memberikan layanan pengasuhan, perawatan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak.
  6. Memberikan stimulasi dan intervensi pendidikan dengan mendeteksi perkembangan anak normal dan berkebutuhan khusus secara optimal.

KETENAGAAN

  1. Kepala Sekolah
  2. Wakil Kepala Sekolah
  3. Tenaga Kependidikan
  4. Maintenance

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran di KB/TK Penguin Family Islamic School dilaksanakan dalam berdasarkan jadwal yaitu

  1. Qiraaty
  2. Assembly dan Tahfidz
  3. Language/Math/Sounds Great/Sports/Praying Practice (tergantung jadawal masing-masing kelas)
  4. Sentra : terdiri atas 5 sentra yaitu : sentra balok, sentra bermain peran, sentra seni, sentra persiapan, sentra bahan alam

METODOLOGI PENGAJARAN

Di sekolah kami yang terpadu dan interaktif yang memungkinkan mereka untuk berimajiinasi, untuk menggali, untuk beragumen dan untuk berkomunikasi.

Pembelajaran kami dilakukan berdasarkan pendekatan tema dengan tujuan pembelajran yang jelas serta didukung oleh pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Anak belajar dalam sentra – sentra seperti sentra bahan alam, sentra peran, sentra seni, sentra peran, sentra persiapan dan sentra balok dengan sistem moving-class.