Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber – sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak – anak mereka. Secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar – dasar karakter yang baik. Dengan mempertemukan kepentingan dan keingiinan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna mensinkronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga tertentu dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga.

SDIT Mentari Indonesia dan KB / TK Penguin Family Islamic School telah melaksanakan salah satu program tahunan sekolah yakni Seminar Parenting, pada tanggal 13 Agustus 2016 bertempat di Graha Optima, Jl. Raya Pondok Ungu Permai No 1, di Auditorium Lantai 4. Adapun tema yang di pakai adalah “ Keselarasan Pola Asuh antara Ayah, Bunda dan Sekolah. Seminar ini disampaikan oleh Ibu Siska Yudhistira Massardi, Pendiri Sekolah Kaum Dhuafa TK – SD Batutis Al-Ilmi, Pekayon, Bekasi Selatan.

Sebagai awal paparannya beliau mengedepankan bagaimana memilih sekolah yang tepat bagi anak-anak mereka. “Sebelum orangtua memutuskan untuk memasukkan anaknya, mereka harus mengetahui visi dan misi sekolah tersebut, perlu diketahui bagaimana interaksi cara belajar mengajar dengan observasi langsung serta kualitas / mutu guru yang baik. Disamping sarana dan prasarana yang memadai yang menjadi salah satu alat penunjang pembelajaran. Ini merujuk pada 4 sifat anak yakni setiap anak itu unik, sebagai peneliti yang ulung, sebagai komunikator ( senang berkomunikasi dengan cara yang baik ) dan sebagai pelaku utama.

Dan kutipan lainnya adalah bagaimana sekolah memulai programnya dengan mengetahui tahap perkembangan siswa / i nya sebaiknya guru mengobservasi muridnya dan menginterview kedua orangtuannya untuk mengetahui tumbuh kembang anak tersebut mulai dari masa kehamilan, melahirkan, menyusui, merangkak, berjalan, sampai pada tahap perkembangan usia saat ini “. Di samping visi misi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dan membangun kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua.

Akhir pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa orangtua harus lebih cermat dalam memilih pendidikan (sekolah), mampu dan mendeteksi kesalahan – kesalahan orangtua dalam mendidik anak dan kesalahan – kesalahan sekolah dalam mendidik muridnya. Semoga pandangan dan gambaran diatas menjadikan kita para orangtua lebih pintar dan cermat dalam memilih sekolah dan untuk sekolah sebagai pendidikan formal menjadi memiliki tujuan mulia demi membangun karakter anak – anak yang baik.

Interviewed by : Bapak Indra Utama, SIP, Ayahanda dari Anjali Anindra Razzaqi, Kelas 1 Madinah

Ani Andriani, S.Pd
Written by : Ani Andriani, S.Pd