Telah Dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2013/2014 Tanggal 22 Oktober-28 Desember 2012
Mind Map tentang Mind Mapping PDF Print E-mail

Mind MappingAda sebuah Mind Map yang sangat menarik saya temukan di situs iqmatrix.com. Mind Map yang dibuat oleh Adam Sicinski ini menjelaskan dengan sangat lengkap apa itu Mind Mapping mulai dari definisi, manfaat, cara penggunaan, proses, dan panduan penggunaannya.

Jika Anda telah membaca posting saya sebelumnya tentang Teknik Mencatat Kreatif Dengan Mind Mapping, maka kali ini saya ingin menjelaskan isi dari Mind Map buatan Adam tersebut. Isi kedua tulisan masih memiliki kemiripan. Bedanya kali ini saya akan menggunakan contoh aktual sebuah Mind Map yang mampu menjelaskan suatu topik secara komprehensif. Contoh ini sekaligus menggambarkan aplikasi Mind Mapping untuk membuat catatan kompleks yang lengkap, padat, mudah diingat, dan Insya Allah bisa bertahan sampai tahunan.

 

Perhatian, tulisan ini cukup panjang. Untuk menghindari kebosanan Anda, saya menggunakan banyak gambar untuk membantu penjelasannya tahap demi tahap. Jadi siapkan diri dan waktu Anda untuk membaca tulisan ini dari awal sampai akhir.

Perhatikan Mind Map berikut:

How-to-Mind-Map

Dari Mind Map tersebut, kita melihat 5 cabang utama yang menjelaskan tentang:

  • Definisi Mind Map
  • Manfaat menggunakan Mind Map
  • Aplikasi penggunaan Mind Map dalam berbagai keperluan
  • Proses membuat Mind Map
  • Aturan atau panduan dalam membuat Mind Map

Mari kita bahas satu persatu.

How-to-Mind-Map-mainbranch-clean

Definisi Mind Map

How-to-Mind-Map-definition-clean Mind Map adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh. Secara lengkap Mind Map dapat digunakan untuk:

  • menyimpan informasi
  • mengorganisasikan informasi
  • membuat prioritas
  • belajar memahami informasi dalam konteksnya
  • melakukan review atas sebuah materi pembelajaran
  • mengingat informasi secara lengkap

Agar dapat memenuhi fungsi-fungsi di atas maka informasi dalam Mind Map disajikan dengan cara menggabungkan kata dan gambar. Kata yang dipilih merupakan kata kunci (keyword) yang dapat memberikan efek stimulasi baik dalam logika berpikir maupun secara emosional. Sedangkan gambar yang dipilih disesuaikan dengan asosiasi terhadap kata kunci sehingga berfungsi mengaktifkan kelima indra dan kreativitas. Lewat penggunaan gambar, informasi yang dicatat seolah-olah bisa didengarkan, disentuh, dirasakan, dicium dan dilihat.

Seseorang yang membuat catatan Mind Map dengan baik bisa saja lupa dengan kata kunci yang dia tuliskan. Tapi dia tidak akan pernah lupa dengan gambar yang dibuat. Gambar ini mampu membangkitkan indra sehingga memberi stimulus dan asosiasi untuk setiap kata kunci yang dicatat beserta seluruh penjelasannya. Tidak cukup sampai di situ, Mind Map juga dapat menjelaskan hubungan antara satu persoalan dengan persoalan lainnya baik dalam hal perbandingan, tingkatan, keterkaitan, dan relasi lainnya.

Manfaat Menggunakan Mind Map

How-to-Mind-Map-benefit-clean Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mencatat menggunakan Mind Map. Pertama adalah Mind Map mampu meningkatkan kapasitas pemahaman dengan cara:

  • Melihat gambaran besar suatu persoalan sekaligus melihat informasi secara detail
  • Mengingat informasi yang kompleks lebih mudah. Informasi tersebut telah dikelompokkan sesuai dengan cara seseorang mengingat termasuk hubungannya dengan subjek yang sama atau berbeda.
  • Mengatasi informasi yang membludak karena telah ditata dan dikelompokkan sedemikan rupa. Secara mental hal ini juga membuat seseorang lebih terorganisir dan runtut dalam memahami sebuah persoalan.

Kedua Mind Map juga meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Hal ini dicapai karena Mind Map mengajarkan untuk melihat persoalan secara keseluruhan dan melihat hubungannya satu sama lain. Ini yang paling sulit dilakukan dalam catatan konvensional. Tidak hanya itu, dengan catatan ini maka manajemen belajar pun menjadi lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan, dan diasosiasikan kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya.

Manfaat Ketiga dari Mind Map adalah merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunakan garis lengkung, warna dan gambar. Ini membuat sebuah catatan sekaligus menjadi karya seni yang indah. Secara mental akan memudahkan kita untuk mengingatnya. Mind Map akan merangsang kemampuan membandingkan informasi yang ada baik berupa fakta, ide termasuk data statistik.

Manfaat Keempat dari Mind Map adalah membantu seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, catatan ini mampu membuka pemahaman yang baik dan sisi kreatif dengan merangsang munculnya ide-ide dan insight baru, bahkan pada saat membuat catatan itu sendiri. Mind Map dapat pula menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan terstruktur.

Aplikasi penggunaan Mind Map dalam berbagai keperluan

How-to-Mind-Map-uses-clean Mind Map dapat digunakan secara luas baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan dan keseharian kita.

Aplikasi di sekolah dapat digunakan untuk belajar bahasa dan tata bahasa, mempersiapkan sebuah tugas penulisan atau essay, melakukan brainstorming, dan pemecahan masalah (problem solving). Dengan Mind Map, pekerjaan di atas menjadi lebih mudah dilakukan.

Penggunaan lain di sekolah adalah membantu siswa berpikir secara kreatif sekaligus kritis, mengingat dengan baik materi pelajaran di kelas, memahami buku yang dibaca, dan penugasan lain yang diberikan. Satu hal yang penting adalah Mind Map dapat membantu siswa mempersiapkan presentasi dengan cara mengembangkan ide-ide pemikirannya.

Aplikasi Mind Map di tempat kerja juga sangat beragam diantaranya:

  • Membuat perencanaan bisnis terkait penjualan, pemasaran, maupun penyusunan strategi.
  • Bagi seorang pemimpin, Mind Map sangat membantu untuk menyusun naskah pidato, ceramah ataupun materi yang akan disampaikan secara langsung kepada banyak orang.
  • Mengorganisir sebuah proyek kecil atau besar, termasuk mengorganisir pertemuan (meeting) dengan menetapkan tujuan, agenda, dan poin-poin utama yang akan dibahas.
  • Buat orang yang berhubungan dengan orang banyak, Mind Map dapat difungsikan untuk mengatur networking, menyusun daftar klien, dan pendekatan untuk masing-masing klien.
  • Membuat strategi wawancara, termasuk didalamnya menyusun aspek-aspek utama yang ingin diketahui dari seorang kandidat.
  • Menyusun rencana penelitian atau riset dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.

Adapun Aplikasi Mind Map dalam kehidupan sehari-hari bisa digunakan untuk mencatat dan melacak acara-acara penting, merencanakan keuangan, liburan, mencatat diary harian, menetapkan target pribadi, dan mengatur waktu serta acara yang Anda persiapkan.

Proses membuat Mind Map

How-to-Mind-Map-process-clean Membuat Mind Map cukup mudah dan sederhana. Walaupun demikian, diperlukan pembiasaan sampai Anda merasa nyaman menggunakan teknik mencatat seperti ini. Awalnya mungkin terasa aneh menggambar garis, gambar dan menambahkan tulisan yang bercabang-cabang. Seiring dengan waktu, Anda akan dapat melihat betapa berharga dan powerful-nya catatan ini.

Anda membutuhkan sebuah kertas polos untuk Mind Map. Jangan gunakan kertas bergaris karena akan mengganggu. Gunakan kertas HVS putih bersih ukuran A4. Dengan demikian, Anda punya keleluasaan untuk membuat berbagai cabang dan menambahkan gambar.

Gambarlah tema dari catatan di tengah-tengah dan beri judul. Selanjutnya tentukan cabang-cabang utama yang menyebar dari tengah sebagai penjelas tema besar tadi. Gunakan garis-garis lengkung sebagai cabang. Menurut para ahli, penggunaan garis lengkung merangsang sisi kreativitas dan otak kanan. Dari cabang utama, gambarkan cabang-cabang pendukung yang menyebar keluar.

Jika masih dibutuhkan, tambahkan cabang-cabang lainnya. Ada saatnya di mana antar cabang yang berbeda memiliki kaitan. Jika hal itu terjadi, maka Anda dapat membuat hubungannya satu sama lain.

Jangan lupa, ingat kembali panduan utama Mind Map yaitu: Gunakan KATA KUNCI dan GAMBAR. Dengan cara ini akan terbentuk asosiasi yang baik. Pilihlah kata kunci dan gambar yang paling sesuai dengan Anda. Sesuatu yang langsung Anda ingat dengan cepat. Karenanya, kata kunci dan gambar yang digunakan seseorang bisa sangat berbeda dari orang lain meskipun sedang mencatat topik yang sama dari sumber yang sama.

Aturan/Panduan Menggunakan Mind Map

How-to-Mind-Map-rules-clean Saya sebenarnya kurang suka menggunakan kata aturan karena terkesan mengikat dan kaku. Padahal Mind Map adalah catatan yang kreatif. Agar lebih bersahabat saya menyebut bagian ini sebagai panduan menggunakan Mind Map dengan baik agar dapat memenuhi fungsinya yang disebutkan di atas.

Inti dari Mind Map adalah terbentuknya asosiasi. Mind Map yang baik akan selalu menggunakan kata kunci dan gambar. Untuk memperkuat aspek kreativitas dan merangsang daya ingat yang kuat perlu digunakan warna yang beragam. Ini berguna untuk membedakan antar penjelasan yang satu dengan yang lain. Selain itu dapat pula ditambahkan kode-kode tertentu sesuai kenyamanan pembuat Mind Map apakah berupa simbol atau bentuk-bentuk tertentu seperti kotak, lingkaran, segitiga, dan lain-lain.

Karena Mind Map dibuat dan digambar secara bebas, maka dapat digunakan untuk memberi penekanan tertentu untuk membedakan mana inti topik dan mana penjelasannya. Termasuk bisa dibedakan tingkat kepentingan antar informasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan hirarki berupa huruf atau angka. Beberapa orang memberikan nomor untuk setiap cabang utama Mind Map-nya. Sebagian lain menggunakan hirarki yang menunjukkan urutan dari penjelasan.

Cara memberi penekanan terhadap informasi tertentu dapat pula dilakukan dengan membuat variasi huruf baik font maupun ukuran (size). Termasuk di dalamnya memberi penekanan dengan gambar atau garis. Dengan cara ini, maka penekanan atas suatu subjek tidak hanya menyentuh aspek logika berpikir, melainkan pula kelima panca indra lainnya. Bayangkan jika informasi bisa dirasakan oleh seluruh indra, akan sulit sekali untuk terlupa.

Selain aspek asosiasi dan penekanan, Mind Map juga berfungsi memberi kejelasan atas informasi yang dicatat dengan menggunakan batasan area, penggunaan garis, termasuk penggunakan huruf yang berbeda-beda.

Demikianlah penjelasan saya dari Mind Map Adam Sicinski yang menjelaskan tenatng Apa Itu Mind Mapping. Tentunya penjelasannya bisa lebih panjang lagi jika dijelaskan oleh Sang Pembuat Mind Map itu sendiri. Mudah-mudahan lewat contoh ini Anda dapat melihat bagaimana catatan sederhana satu lembar dapat menjelaskan banyak hal secara lengkap, terstruktur sekaligus menyenangkan.

Buat Anda yang belum pernah mencoba, kenapa tidak mulai membuat Mind Map pertama Anda?Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Noer



 

Kurikulum Sekolah

Kurikulum sekolah yang membedakan SMP Islam Mentari Indonesia dengan sekolah lain yang sejenis adalah:

1. Adanya Bidang Studi Enterpreneurship yang diajarkan dengan sistem yang berbasis CTL (Contekstual, Teaching, and Learning)

2. Media Pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology)

3. Pembiasaan nilai-nilai keislaman (ta'widh) dan model pembelajaran ISLAMI (Interactive, Student Centre, Language Collaborate, Active, Modeling, ICT Based)

Ekstrakurikuler

EKSTRAKURIKULER PILIHAN EKSTRAKURIKULER WAJIB
  • Photography
  • Karya Ilmiah Remaja
  • Drum Band
  • Palang Merah Remaja
  • Pramuka
  • Paskibra
  • Seni tari
  • Marawis
  • Nasyid
  • Paduan Suara
  • Pengembangan Enterpreneurship
  • English Club
  • Pramuka
  • Karate

Konsep Green School

Konsep green school yang diusung oleh SMP Islam Mentari Indonesia diterapkan tidak hanya pada bangunan yang ramah lingkungan, minimal dalam penggunaan pendingin ruangan, tetapi juga dalam keseharian peserta didik. Peserta didik akan akan belajar memilah sampah, mendaur ulang material yang masih dapat dipakai, serta membiasakan diri untuk mencintai lingkungan sejak dini. Diharapkan lulusan SMP Islam Mentari Indonesia mampu berkontribusi tidak hanya pada masyarakat, negara dan agama, tetapi juga lingkungan sekitar mereka.

Pendaftaran Online

Who's Online

We have 1 guest online

Kalender Hijriyah

STATISTIK

mod_vvisit_counterHari ini10
mod_vvisit_counterKemarin45
mod_vvisit_counterMinggu ini215
mod_vvisit_counterBulan ini2043
mod_vvisit_counterTotal88618

Share It

Delicious

Guru Menulis

BUDAYA MEMBACA, MEMBACA (BELUM) MEMBUDAYA

Elfina Pradhina, S.SBerdasarkan laporan Bank Dunia No. 16369-IND, dan Studi IEA (International Association for the Evalution of Education Achievermen) di Asia Timur, tingkat terendah membaca anak-anak diduduki oleh negara Indonesia dengan skor 51.7, di bawah Filipina (skor 52.6); Thailand (skor 65.1); Singapura (74.0); dan Hongkong (75.5).

Baca Selengkapnya..

TRANSLATOR

Polls

Menurut Pendapat anda, apakah kurikulum kewirausahaan diperlukan?
 

INFO PSB Tahun Ajaran 2013 - 2014

Penerimaan Siswa Baru SMP Islam Mentari Indonesia Tahun ajaran 2013 - 2014 sudah dibuka. Pendaftaran dilaksanakan satu tahap dengan rincian sebagai berikut:

1. Pendaftaran Online: 22 Oktober 2012 – 21 Desember 2012

2. Pembelian dan Pengembalian Formulir : 22 Oktober - 28 Desember 2012

3. Tes Seleksi: 10 Januari 2013

4. Wawancara Orang Tua: 10 Januari 2013

5. Pengumuman Hasil Seleksi: 17 Januari 2013

6. Daftar Ulang : 24 Januari - 8 Februari 2013

 

Info lebih lanjut >> Klik disini

Alamat Sekolah

Kampus SMP Islam Mentari Indonesia
Jl. KH. Muhammad Musa RT.002/024  
Tanah Tinggi Kelurahan Setia Asih
Kec. Tarumajaya Kabupaten Bekasi 17215

Telp: 021-913-08975
Fax:
021-889-84366
Email: mentariindonesia.smp@gmail.com
=======================
Lihat Lokasi via SATELIT >> Klik disini
=======================