Menjadi seorang pemenang adalah dambaan begitu banyak orang. Namun, Bagaimana cara mencapainya?

Salah satunya adalah dengan menumbuhkan passion (hasrat atau gairah) pada pendakian menuju puncaa karier. Passsion akan timbul apabila anda percaya bahwa anda akan mencapai hasil akhir yang meneyenangkan. Apakah itu memperoleh posisi idaman anda, kenaikan gaji, kesuksesan proyek, dan sebagainya. Semakin kuat bayangan hasil bahagia ini,semakin kuat passion itu menggelora. Proses sesulit apapun dalam mencapai hasil tidak akan memadamkan gairah itu, kecuali hilangnya harapan.

Jika Anda percaya bahwa harapan sudah tidak ada, otomatis passion akan hilang. Tentu hal ini memepengaruhi proses pencapaian tujuan karier. Dengan menerapkan management with passion, setiap langkah yang anda ayunkan terasa ringan. Apabila hasil itu sejalan dengn apa yang anda pikirkan, bersyukurlah. Apabila hasilnya belum (bukan tidak) sesuai dengan harapan, lakukan instropeksi dan berjuang kembali. Management with passion akan membuat anda senantiasa bersemangat dan memiliki mind set yang positif, yang sangat membantu untuk fokos dalam pencapaian sasaran.

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengeluarkan sosok seorang pemenang yang penuh gairah dalm diri anda ?

Selalu Berpikir Positif

Terkadang apa yang anda harapkan dan inginkan di tempat kerja tidak sesuai dengan kenyataan yang anda terima. Jika anda meresponnya secara negative sudah tentu hasilnya akan tambah runyam. Yang harus anda lakukan adalah berbaik sangka atau berpikir positif . berpikir positif akan membuat energy anda tidak habis percuma dan dapat dirahkan ke hal-hal yang lebih produktif. Dengan berpikir positif anda dapat melihat sesuatu dari sisi baiknya, melihat manfaat apa yang dapat dipetik dari hal-hal tersebut untuk peningkatan performa kerja anda. Jika tidak ada sisi baiknya, setidaknya hal tersebut dapat anda jadikan pelajaran berharga.

Bangun “Big Dream”

Tidak ada yang mustahil jika Allah SWT menyatakan bahwa hal itu mungkin terjadi. Diawali dengan big dream dan dilanjutkan dengan niat yang kuat, maka sesuatu yang menurut orang lain tidak mungkin justru dapat menjadi kenyataan . inilah yang dilakukan banyak orang hebat di muka bumi ini. Mereka meberikan sumbangsih pada dunia dan mereka memulainya dari sebuah kata yaitu “mimpi”. Demi mimpi besarnya, banayk orang sukses yang bersdia untuk melakukan perubahan dan meninggalkan egonya. Mimpi tersebut dijaikan target yang harus tercapai. Mereka pun berusaha mewujudkannya dengan passion yang kuat. Seperti yang diutarakan oleh ilmuan besar Albert einsten, “Imagination is more impotant than knowledge”.

Membangun Daya Hidup

Anda sering berhubungan dengan deadline, target, dan tanggung jawab menekan yang menjadi pemicu stress. Untuk menyikapinya, anda harus mampu membangun daya hidup dengan mengisi jiwa dan raga. Isi jiwa anda dengan passion dan latih raga anda agar lentur dengan berbagai aktivitas sehingga anda memiliki skill. Jadikan diri anda bola berisi gumpalan gas passion yang kuat, serta mampu bergerak lentur mengikuti berbagai bentuk dan kondisi yang dihadapi di tempat kerja.

Magic Word

Passion pun sering terjangkit virus yang berusaha melemahkan keyakinan. Untuk menghadapi virus tersebut, diperlukan antivirus berupa magic word. Magic word adalah kata-kata yang diucapkan oleh seseorang dengan keyakinan yang kaut sehingga mampu memeberikan kekuatan sugesti kepada yang mengucapkannnya. Tanpa disadari kata-kata yang keluar dari mulut anda dapat menjadi kenyataan.karena kata-kata seperti mantera yang dapat memeberikan sugesti pada diri anda. Gunakan dan tanamkanlah kata-kata yang mengandung unsure kebaikan, semangat, dan positif dalam kehidupan anda.

Kenalilah Potensi Diri Anda Untuk Menjadi Pemenang:

Buka potensi diri dan focus pada yang dimiliki

Menyadari bahwa anda memiliki suatu kekurangan dan tidak sempurna adalah hal yang wajar dan manusiawi. Sama halnya dengan menyadari bahwa anda mempunyai kelebihan di berbagai bidang. Lakukan improvement untuk selalu mawas diri dan introspeksi untuk menuju kebaikan.

Bekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan

Setelah anda mengetahui potensi yang anda milki, sekaligus mengetahui tujuan hidup anda. Segera isi diri anda dengan berbagai pengetahuan sesuai dengan bidang yang anda ketahui. Fokuslah pada potensi yang anda miliki. Bekali potensi tersebut dengan berbagai pengetahuan lain agar makin terasah.

Selalu menjadi pembelajar

Pengetahuan dan keterampilan anda suatu nati akan kadaluarsa karena begitu banyak perkembanagn dan perubahan yang terjadi. Jauhkan diri dari sikap cepat puas, terutama puas menuntut ilmu yang dapat menambah khazanah kehidupan. Jadilah pribadi pemeblajar yang senantiasa haus untuk menambah ilmu pengetahuan yang tiada habisnya.

Memiliki tujuan yang realistis

Meskipun kita harus memiliki imajinasi dan big dream, namun agar hal itu dapt terwujud buatlah tujuan yang realistis. Tujuan yang realistis diperlukan agar tidak terjadi cara pandang yang sempit dan menghindari pengambilan keputusan berdasarkan asumsi dan paradigm yang sempit. Selain itu dengan mengetahui tujuan akhir, anda dapat membuat perencanaan yang efektif dan melakukan persiapan dengan lebih matang , dapat memprediksikan berbagai hal yang akan terjadi, dan dapat mengalokasikan biaya.

Keluar dari zona nyaman

Untuk mewujudkan mimpi besar tidak mungkin anda hanya menetap di zona nyaman. Anda harus berani keluar, meskipun dengan segala konsekuensi logis yang akan diterima. Diluar zona nyaman tersebut, sudah tentu anda akan menghadapi berbagai tantangan. Buatlah batu pijakan yang jelas dan terarah. Dan kemudian sambil terus berjalan, lakukan evaluasi terhadap pencapaian anda, agar langkah anda sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Disarikan dari buku Winning with Passion karangan Jimmy Gani dan Ervin A, Priambodo (ESENSI)

Neng Intan R. S. - Marwah Class Homeroom Teacher
Neng Intan R. S. – Marwah Class Homeroom Teacher