Pernah menonton film “kungfu panda 1 ?” film ini sangat tenar kurang lebih di tahun 2011 an . Awalnya saya tidak begitu tertarik untuk menontonnya, karena film ini dikemas dalam film kartun, terkesan seperti film anak – anak . Tetapi pandangan saya berubah, dan saya mencoba untuk menontonnya. Ternyata saya  sangat terkesan dan terpana setelah menonton film tersebut.  Bahkan ada haru dan bahagia menyelimuti hati.

Ceritanya adalah Po seorang Panda yang tinggal bersama ayah angkatnya. Po menjalani hari-hari dengan membantu ayahnya berjualan. Suatu ketika datanglah seorang guru yang kemudian menunjuk Po untuk menjadi seorang Ksatria/pendekar,karena negri mereka terancam oleh musuh. Po yang merasa bukan siapa-siapa dan merasa tidak bisa berkelahi tentu saja menolak permintaan guru tersebut. Po selalu berkata “ Aku tidak bisa dan tidak sanggup untuk menyelamatkan negri ini, apalagi untuk menjadi seorang pendekar ?” “ Apa kau tidak bisa mencari orang lain yang lebih pantas dan lebih hebat, bukan aku ?”

Selalu saja Po menolak dan menyesali dirinya sendiri, mengapa dia terlahir gendut, mengapa dia tidak pandai berkelahi, mengapa dia tidak lincah, dan sebagainya.

Dalam renungannya setiap hari, Po didatangi oleh seorang guru. Guru itu berkata pada Po, “ kamu adalah orang tepat yang saya tunjuk untuk menyelamatkan negri ini , karena kamu mempunyai bakat terpendam, dan kamu punya banyak kemampuan, kamu juga punya banyak akal. Yang kurang dalam dirimu hanyalah “ Keyakinan Diri “ .

Yakinlah ! Yakin pada dirimu sendiri, Yakin pada kemampuanmu, Yakin pada semua usahamu, Yakin pada semua kerja kerasmu.

Jika keyakinan diri sudah ada dalam dirimu maka semua rintangan dan tantangan dalam hidup ini akan dapat kau selesaikan dengan baik.

Po akhirnya tergugah, keyakinan dalam dirinya begitu kuat dan membara, dia yakin akan kemampuan yang dimilikinya, dia yakin akan dapat melawan musuh jika dia berlatih keras, dia yakin akan dapat menyelamatkan negri yang dicintainya ini.

Akhirnya cerita film ini berakhir bahagia, Po berhasil menjadi seorang ksatria yang berhasil menyelamatkan negri dan membuat bahagia semua warga.

Begitu haru dan bahagia merasakan keberhasilan yang diraih Po dalam film tersebut. Tapi sebuah pelajaran berharga dapat kita ambil dan kita jadikan pedoman hidup kita, yaitu “ Keyakinan Diri “

Yakinlah pada kemampuan diri kita, Yakinlah kita mempunyai banyak talenta untuk menjadikan diri kita sukses, hebat, tangguh, maju dan profesional dibidangnya.

Teruslah berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita, dan yakinlah pada kemampuan diri.

 Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin

Sri Mujiati, S.Pd - Shofa Class Homeroom Teacher
Sri Mujiati, S.Pd – Shofa Class Homeroom Teacher